Aneka Kerajinan


        Sekolah kami terletak disebuah kecamatan terpencil di puncak pegunungan…namun semangat belajar kami tidak terkalahkan oleh siswa-siswa yang bersekolah di kota. Berikut ini adalah aneka kerajinan hasil karya kami,siswa SMK N 1 Gedangsari, Gunungkidul…



1.      Kerajinan kain flannel
          Kerajina dari kain flannel sangat mudah dibuat, namun beragam kreasi yang dapat kita kembangkan. Mulai dari bros, gantungan kunci, aksesoris handphone, dan benda pajangan. Selain kain flannel, kita cukup menyiapkan lem lilin (lem tembak), gantungan dan peniti bros.



1.1 Bros Bunga Flannel




1.2 Bros bunga dan lebah bentuk spiral flannel







1.3 Gantungan kunci tokoh kartun flannel




1.4 Kotak perhiasan/ aksesoris flannel



1.5 Bros dasi imut flannel.


2.      Kerajinan dari bahan alam
          Kerajina bahan tempurung kelapa berikut ini berupa tempat aksesoris (jaman dulu biasanya dipakai untuk tempat kapur). Pengerjaannya harus telaten, terutama dalam mengamplas tempurung kelapa,merekatkan dengan lem kayu, menghaluskan sambungan dengan serbuk gergaji yang sudah dicampur lem kayu,kemudian memplitur supaya mengkilap.


2.1 Tempat aksesoris dari tempurung kelapa




2.2 Tempat lilin dari batu putih


3.      Kerajinan rajutan
          Kerajinan rajut yang kami buat baru satu jenis, yakni bros bunga.



3.1 Bros bunga rajutan


4.      Kerajinan batik tulis
          Proses membatik cukup memerlukan waktu yang lama, yakni mulai dari membuat pola, memindahkan pola, mengklowong, menembok, mewarnai dengan naptol, kemudian nglorod. Jadi dalam satu semester setiap siswa hanya menghasilkan 3 karya batik tulis.




4.1 Slayer dan taplak batik motif bunga

5. Majlah Dinding.
          Majalah dinding berfungsi sebagai media kreativitas dan media informasi siswa. Majalah dinding atau mading  juga merupakan wadah siswa dalam berekspresi dan berapresiasi. Kualitas isi dan desain/ layout menjadi syarat utama dalam pembuatan mading. Disekolah kami, mading termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang banyak diminati siswa.




5.1 Karya majalah dinding
 
 Sekian dan Terima Kasih :)
 Semoga bermanfaat :)
0 Responses